RONGGOBLEDHEXS » » 6 NEGARA PENGGUNA BAHASA JAWA

6 NEGARA PENGGUNA BAHASA JAWA

INDONESIA 
INDONESIA
Indonesia sangat pasti ada bahasa jawa karna di liat dari penduduknya banyak dari suku jawa, bahkan yang memiliki bahasa Jawa tulen. bahasa Jawa sebagai bahasa sehari - sehari oleh pendududuk jawa yang berada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Yogyakarta. bahkan di jakarta.


REPUBLIK SURINAME
SURINAME

Republik Suriname (surinam) Negara ini merupakan salah satu negara bekas jajahan Belanda yang berada Amerika selatan dan dulu negara itu bernama Guyana Belanda atau Guina Belanda.
Suriname berbatasan dengan Guyana perancis di timur dan Guyana di barat, di selatan berbatasan dengan brasil dan di utara dengan Samudera atlantik. 
Di Suriname sekitar 75.000 orang jawa berada disana dari hindia-Belanda antara tahun 1890-1939. Suriname adalah salah satu anggota konferensi Islam.

SINGAPURA
SINGAPURA
Sejak tahun 1825n [Johari,1965]. Yang menjadi buruh di perkebunan Karet  di datangkan dari orang jawa  ke singapura yang berasal dari jawa tengah, kampung Jawa yang berada di sungai Rochor merupakan tempat pertama orang Jawa yang berada di Singapura, selain itu kallang airport estatejuga di kenal tempat pemukiman orang Jawa yang mana tempat ini berdapingan dengan orang melayu dan cina.

MALAYSIA
MALAYSIA
Masyarakat Jawa di Malaysia termasuk generasi ketiga dan keempat. Orang jawa ini banyak tinggal di Negeri Selangor, terutama di kawasan tanjung karang, Sebak Bernam, Kuala Salangor, kelang, Banting, dan Sepang. Meraka masih mengekakalkan beberapa unsur jawa meski tidak semuanya, di Johor juga banyak tapi kebanyakan dari yang muda -muda sudah melupakan warisan leluhurnya.

Bukan hanya itu saja sebagian dari mereka ada yang malu mengakui keturunan Jawa, mereka sudah tidak bisa lagi bertutur kata bahasa jawa dengan baik, tapi ada juga yang memimiliki persatuan anak - anak Jawa, mereka memiliki kegiatan kesenian Reog dan Kuda Kepang meski ga' sesempurna di jawa.

Orang jawa yang berada di malaysia pada umumnya mereka sudah berwarga Malaysia. leluhur  mereka datang sekitar tahun 1900an karena tekanan ekonomi.

BELANDA
BELANDA
Negara penjajah yang pernah menjajah Indonesia, saat itu budak orang belanda di kirim dari jawa, bahasa jawa atau sastra Jawa banyak di minati orang asing termasuk Belanda yang menjadi gudang dari orang atau pakar yang punya minat khusus terhadap keberadaan bahasa jawa, ternyata Negara bekas penjajah ini memiliki ketertarikan terhadap bahasa dan sastra jawa. melihat salah satu perguruan tinggi di Universitas Leiden, Universitas tertua didirikan tahun 1575 memiliki sekitar 17 ribu mahasiswa,  di Universitas yang didikan pangeran Willem van Oranje  ini kita bisa melihat naskah - naskah kuno yang berhuruf Jawa Kontemporer yang masih  tersimpan dan terawat.

KALEDONIA BARU
KALEDONIA BARU
Kaledonia Baru yang memiliki penduduk sekitar 237.765 jiwa data 2006. Negara ini sebagian di huni orang jawa sebagai suku jawa, dahulu orang jawa di Kaledonia baru menjadi kuli kontrak, perpindahan orang jawa di kaledonia sama dengan  orang jawa di suriname, Orang  Jawa yang berada di sana tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari - hari, meski saat ini anak mudanya banyak yang tidak berbahasa jawa tapi berbahasa perancis.

Kaledonia baru adalah sebuah Negeri seberang laut milik Perancis yang terletak di Samudera Pasifik bagian selatan, juga di namai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulaun itu . Negara kepulauan ini telah di kuasai perancis selain  Polinesia Perancis. Status ini di kenakan sampai 1998, namanya berasal dari bahasa latin Skotlandia.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Informasi Online ~

Anda Sedang Membaca Artikel Tentang "6 NEGARA PENGGUNA BAHASA JAWA" Diposting Oleh Unknown pada hari Sabtu, 15 Maret 2014. Saran dan Kritik Dapat Anda Sampaikan Lewat FORMULIR KONTAK di sebelah kanan, Terimakasih atas kunjungannya,Semoga Bermanfaat... "SALAM SUKSES DARI KAMI...!"

0komentar:

Posting Komentar

Autosubmitter

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support :Google | Yahoo | YouTube | Bing | Twitter | Facebook
Copyright © 2014 - . RONGGOBLEDHEXS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
TUKAR LINK | Sitemap | About Me | Contact us | Privacy Policy
Powered by Blogger