RONGGOBLEDHEXS » » CARA MEMPERBAIKI MOUSE KOMPUTER

CARA MEMPERBAIKI MOUSE KOMPUTER



Ketika anda sedang asyik mengoperasikan computer klak-klik disana sini tiba-tiba mouse anda rusak “ngebetein” sekali rasanya. Apalagi buat pengusaha warnet bakalan tambah stress ketika komplainan tentang mouse yang susah kliknya, nggak bergerak, dan lain-lain banyak dikeluhkan. Well… kayaknya  klo pengusaha sepertinya warnet perlu dah punya mouse cadangan untuk antisipasi hal tersebut. Beda dengan pengguna rumahan anda harus berusaha sendiri mengutak-atik mouse anda yang mengalami kerusakan atau ujung-ujungnya membeli mouse baru.
Kali ini saya akan membagikan beberapa tips buat anda yang mungkin senang bereksperimen dengan perlatan elektronik anda. Gejala mouse mengalami kerusakan ada beberapa macam diantaranya.
Cursor mouse maupun tombol klik tidak berfungsi (mati)
Cursor mouse dapat digerakkan akan tetapi tombol klik tidak berfungsi.
Cursor dapat digerakkan akan tetapi tombol klik tidak berfungsi.
Cursor dapat digerakkan namun tombol klik sering muncul dobel klik.
Beberapa kasus diatas dapat anda tangani dengan langkah yang berbeda-beda tergantung dari kondisi kerusakan mouse. Berikut ini beberapa langkah yang anda dapat terapkan untuk memperbaiki mouse computer anda.

Cursor maupun tombol klik tidak berfungsi

Untuk kasus ini langkah awal yang anda lakukan adalah dengan memeriksa kondisi kabel mouse anda. Pemakaian mouse yang biasa kita lakukan dengan menggerakkan kekanan kekiri dan seterusnya memungkinkan kondisi kabel mouse yang putus akibat tertarik-tarik. Maka dari itu langkah memeriksa kabel menjadi satu hal yang perlu kita terapkan pertama kali.
Periksalah satu persatu kabel yang terdapat dalam kabel mouse dengan mempergunakan multitester.
Jika anda menemukan salah satu kabel tidak terhubung dengan baik maka potong kabel pada bagian depan mouse kira2 1-2 cm.
Periksa kembali kondisi kabel anda jika tidak ada masalah anda dapat kembali memasangnya ke mouse anda.

Cursor mouse dapat digerakkan tetapi tombol klik tidak berfungsi



Gejala seperti ini biasanya terjadi karena komponen switch dalam mouse mengalami keausan dan anda memerlukan penggantian komponen. Adapun langkahnya sebagai berikut.
Bukalah mouse anda dan lepaskanlah  switch yang rusak/aus
Gantilah dengan switch yang baru, anda bisa memperolehnya dengan mengambil pada mouse bekas yang sudah rusak tetapi switch masih berfungsi dengan baik.
Pasanglah switch mouse dengan posisi seperti switch yang rusak kemudian tangkai kembali mouse dan cobalah.

Cursor mouse tidak dapat digerakkan tetapi tombol klik berfungsi


Gejala ini terjadi karena sensor LED optik yang terdapat dalam mouse mengalami kerusakan dan langkah yang harus kita lakukan dengan penggantian komponen LED optic tersebut.
Bongkarlah mouse yang rusak tersebut dan lepaskan komponen Opticnya
Ganti optic dengan optic baru dengan cara mengkanibal dari mouse lain yang rusak tetapi komponen opticnya masih baik.
Pasangkanlah optic sesuai dengan kaki-kakinya jangan terbalik karena LED ini terdapat kutub positif (anoda) dan negatif (katoda).
Rangkai kembali semua bagian mouse dan silahkan andan coba.
Cursor dapat digerakkan namun tombol klik sering muncul dobel klik
Gejala seperti itu ada kemungkinan hardware/komponen mouse sudah aus namun ada langkah lain yang bisa anda lakukan selain dengan penggantian komponen seperti pada penanganan klik mouse yang rusak. Adapun langkah yang bisa anda lakukan yaitu.
Download MouseFix atau miror kemudian ekstraklah dan letakkan di C:Program FilesMouseFix. Jalankan program tersebut dan lihat apa yang terjadi.
Untuk menjalankan program ini secara autorun maka yang harus anda lakukan yaitu dengan membuat shortcut mousefix.exe dan letakkan di folder strartup. Aturlah agar programnya di set pada prioritas tinggi (mode high) atau bisa ke realtime dalam startup langkahnya dengan mengedit file target mousefix menjadi C:WINDOWSsystem32cmd.exe /c start “” /B /REALTIME “C:Program FilesMouseFixMouseFix.exe”

Demikian beberapa tips yang bisa saya bagikan semoga berguna.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Informasi Online ~

Anda Sedang Membaca Artikel Tentang "CARA MEMPERBAIKI MOUSE KOMPUTER" Diposting Oleh Unknown pada hari Senin, 10 Maret 2014. Saran dan Kritik Dapat Anda Sampaikan Lewat FORMULIR KONTAK di sebelah kanan, Terimakasih atas kunjungannya,Semoga Bermanfaat... "SALAM SUKSES DARI KAMI...!"

0komentar:

Posting Komentar

Autosubmitter

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support :Google | Yahoo | YouTube | Bing | Twitter | Facebook
Copyright © 2014 - . RONGGOBLEDHEXS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
TUKAR LINK | Sitemap | About Me | Contact us | Privacy Policy
Powered by Blogger